RSS

Tips Melawan Kecanduan Ponsel

26 Nov

Zaman semakin maju dengan pertumbuhan teknolgi yang cepat khususnya dunia ponsel dan Gadget yang sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat saat ini pada umumnya. Banyak orang yang sudah kecanduan memakai ponsel khususnya Smartphone seperti Blackberry, Android ataupun iPhone dan tanpa mereka sadari bahwa kecanduan penggunaan ponsel sebenarnya dapat merugikan kita dan berdampak negative seperti juga telah dikemukan oleh salah satu pakar Psikologi di Lancaster Universitas Inggris yaitu Professor Carry Cooper.

Salah satu penyebab dari kecanduan ponsel terutama Smartphone adalah pengguna tidak pernah akan tahu kapan akan mendapat email, SMS atau pun pesan yang menjadi suatu kesenangan sehingga mereka terus mengecek handset mereka untuk kesenangan itu. Professor Carry pun mengatakan “Menjadi subjek aliran data yang konstan atau overload informasi menghadirkan risiko nyata ketidakpedulian terhadap informasi yang benar-benar diperlukan dan menjadikan Anda kurang mengontrol kehidupan.”

Untuk kembali ke hidup yang lebih sehat dan melawan kecanduan ponsel berikut beberapa tips yang dikutip dari the sun, sebagai berikut :

1. Cobalah mengurangi penggunaan Ponsel secara bertahap
Bagaimanapun juga ponsel sudah menjadi salah satu kebutuhan kita sehari-hari dan kita tidak bisa langsung tidak menggunakan ponsel terutama smartphone karena itupun akan merusak secara psikologis. Menurut Prof. Cooper cobalah untuk mematikan ponsel dalam beberapa menit sehari kemudian hari berikutnya agak lebih lama secara bertahap.

2. Menyadari dimana dan kapan penggunaan Ponsel yang seharusnya
Kita sebagai pengguna ponsel harus dapat menyadari dimana dan kapan penggunaan ponsel yang seharusnya dan tepat, sebaiknya tidak menggunakan ponsel pada saat kita berkendara ataupun pada acara-acara rohani.

3. Banyaklah berbicara di dunia nyata daripada via Ponsel
Sebenarnya percakapan di dunia nyata tidak dapat digantikan dengan percakapan kita via ponsel ataupun berkirim pesan. Lewat percakapan nyata kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh lawan bicara kita dan respon yang didapat.

4. Cobalah untuk Banyak berolahraga
Berolah raga adalah salah satu untuk mengobati depresi yang mungkin salah satu depresi yang terjadi akibat menggunakan ponsel berlebihan. Banyaklah berolahraga dan tinggalkan ponsel kita sesaat.

5. Mengukur waktu penggunaan ponsel
Kadang kita sebagai pengguna ponsel tidak menyadari berapa banyak waktu yang sudah kita habiskan dalam penggunan ponsel kita dan tidak menyadari betapa banyak waktu terbaik didunia nyata yang sudah kita lewatkan seperti melakukan percakapan yang menyenangkan bersama dengan orang-orang terdekat ataupun keluarga, baiklah kita dapat mengukur penggunaan ponsel.

6. Pergunakan ponsel dengan bijaksana
Tidaklah dipungkiri bahwa ponsel tidak dapat dibantah bila ponsel sangat berguna untuk kehidupan kita, begitu banyak yang kita dapat sebagai sarana komunikasi dan informasi namun pergunakan ponsel dengan bijaksana agar tidak menggangu kehidupan sosial kita.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 November 2012 in Tips dan trik

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: